Semua Analisa Dalam Tulisan Ini Merupakan Versi Kami, Silahkan Percaya Atau Tidak

Sabtu, 04 Juni 2011

STEALTH


Teknologi stealth yang kini telah berkembang, merupakan sebuah teknologi yang mengharuskan sebuah peralatan peranguntuk  tidak bisa diantisipasi keberadaaanya oleh musuh, baik itu dari penglihatan manusia maupun dari tangkapan Radar.
Sejak awal abad 20, banyak usaha yang telah dilakukan untuk membuat sebuah pesawat terbang yang tak terlihat oleh mata, sehingga memunginkan untuk tidak diketahui kedatangannya. Saat itu seorang ahli penerbangan melakukan percobaan dengan menempelkan lapisan Emaillit yaitu sebuah seluloid trasparan pada badan pesawat, hal ini lah yang membuat pesawat akan nampak bagaikan kerangka terbang.



Tentara jerman juga mengadopsi stealth pada pesawat tempurnya dengan mencat badan pesawat menyerupai gurun pasir. Menerapkan teknologi stealth pada kapal selam misalnya dapat menggunakan peredam suara, sistem anti sonar dan lapisan anti eco pada seluruh bagian kapal.
Namun berbeda dengan pesawat terbang, selain terbang dengan sangat cepat, serta perangkat eloktronik tinggi maka pengadosian teknologi stealth  akan menjadi lebih sulit dibanding dengan alat perang lainnya.
Memasuki era 60an, teknologi radar pun ditemukan, sehingga pengaplikasian sistem stealth pada pesawat tempur  yang berupa kamuflase mata dapat terdeteksi dengan mudah menggunakan Radar, serta dapat diketahui dimana posisi dan jenis pesaawatnya.
Perombakan total pun dimulai pertama kali dari sebuah pesawat SR-71 yang menggunakan teknologi stealth yaitu dengan cara meredam atau menyerap gelombang Radar sehingga tidak dapat di pantulkan oleh badan pesawat dan hal ini tentu tidak dapat dibaca oleh radar.pesawat supersonik yng mempunya kemampuan hingga 3 mach ini mamapu terbang tanpa terdeteksi radar.
Pengaplikasian pada pesawat tempur pun dilakukan pertama kali pada pesawat serang malam F-117, meskipun tidak dapat terbang terlalu cepat, namun pesawat ini sangat ampuh dalam perang teluk misalnya. Beberapa rudal canggihpun tidak sanggup untuk melesat mengigat pesawat ini juga di bekali sistem stealth berupa alat peredam panas pada cerobong exhaust pesawat.
Tercatat hanya Amerikalah yang gencar membuat pesawat tempur dengan teknologi stealth, diantaranya adalah F-117, B-1 lancer, B-2 spirit, JSF serta yang terbaru adalah F-22 Raptor. Hal ini karena Amerika menganggap penting kekuatan udara sebagai tulang punggungnya dalam memenangkan peperangan kedepan.

Tidak ada komentar :

Posting Komentar